30 January 2009

Movie Review : Macross Frontier. A Journey to Centre of The Galaxy.

A Tribute for 25th Anniversary of Macross, Macross Frontier

Ketika franchise Gundam muncul dgn Double Zero pd 2007, saingannya, Macross dalam rangka 25th Anniversary of Macross meluncurkan Macross Frontier. Setelah sekian lama, ini adalah salah satu Masterpiece dalam dunia Japanese Animation! If you're one of Otakus, You've got to see Mac F!
--
Macross Frontier berkisah tentang perjalanan Long Range Colonization Fleet Macross Frontier dalam menjelajah dunia baru. Main Protagonis dari Mac F adalah Saotome Alto, Pop Idol Sheryl Nome & Ranka Lee. Seperti seri Macross sebelumnya, Love Triangle. Dalam perjalanannya menjelajah galaxi, Mac F Fleet menemui halangan berupa Alien Insectoid yg disebut Vajra. Kira2 begitulah garis besar ceritanya. Tapi ada yg lebih dari itu..
--
Sepanjang 25 seri, kita akan disuguhi berbagai Grafis Indah! Dari pertempuran dogfight dahsyat Variable Fighter (Trademark Macross), ecchi (Sexy) scene hingga gambaran Utopia paduan kota Neo Modern Klasik macam San Fransisco. Grafis CG dipadu Cell Shading membuat tampilan Hitech tampak menawan. Dan semuanya disajikan dengan nuansa cerah.
--
Selain itu.. Ceritanya sangat dalam. Pengembangan karakter tersaji sangat apik dari awal2 seri hingga akhir episode. Kisah cinta segitiga Alto, Ranka & Sheryl terpadu apik dengan diselingi adegan2 aksi yg dahsyat! Karakter2 pendukung juga digambarkan sangat jelas, contohnya, karakter Michel dijelaskan dlm Episode 09 Friendly Fire. Teknologi juga dijelaskan. Lihat saja Macross Quarter & VF-25 Messiah yg digunakan Skull Squadron PMC S.M.S yg gabungan desain Su-27 & F-14 Tomcat. FYI, Skull Squadron diilhami oleh Squadron US Navy VFA-103 Jolly Roger yg lambang skuadronnya adalah Tengkorak Bajak Laut. Bahkan Manuver2 dahsyat Air to Air Combat juga muncul disini. Selain standard Manuver, juga ada Manuver Legendaris Pugachev's Cobra yg terkenal populer oleh Sukhoi Su-27 itu. Badass!
--
Mau cari Drama Romantis, ada! Tentang Persahabatan, ada! Dark Conspiracy, ada! Heroisme, jelas ada! Definitely not for children. It's a Action Packed Drama Series!
Saotome Alto (Red) & Ozma Lee (Yellow)
--

Macross juga tak lepas dari lagu2 indah. Musik gubahan Yoko Kanno terdengar sangat indah. Contohnya ada Diamond Crevasse, Triangler, Aimo & What bout My Star. Apalagi disisipkan dengan pas disela-sela adegan aksi dahsyat & peperangan massive. Yang lebih dahsyat, anime ini juga dihiasi oleh Theme Orchestra macam film Hollywood layaknya Armageddon, The Rock atau Pirates of Caribbean yg biasanya diaransemen Hans Zimmer. Adegan peperangan antar Starship biasanya dihiasi oleh theme macam ini, nuansanya seperti Pirates of Caribbean.
--
Dan karena ini adalah Tribute untuk Macross 25th Anniversary, jika anda adalah Die Hard Macross Fan (seperti saya..) anda akan menemukan scene2 memorable dari Macross lawas.
--
Macross Frontier, Highly Recommended. 5 out of 5 Star!


Michel Blanc & Clan Clang, reminder for Original Macross Maximilian Jenius & Milia Falyna

No comments:

Post a Comment